Senin, 24 November 2008

Kista dan Penyebabnya

Sering kita dengar diantara keluhan wanita dewasa penyakit yang namanya KISTA. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kista bisa menjadikan wanita sulit mendapat keturunan. Apa sebenarnya Kista ini sehingga dia menjadi momok yang menakutkan bagi wanita.

Menurut dr Hardi Susanto dari RS Graha Medika Jakarta, beliau adalah Dr. spesialis Kandungan dan Kebidanan, bahwa Kista terbentuk akibat gagalnya sel telur berevolusi, dalam siklus reproduksinya, satu sel telur dalam ovarium wanita setiap bulan akan mengalami ovulasi. Yakni, keluarnya inti sel telur dari folikel untuk kemudian ditangkap serabut fimbria dan ditempatkan di saluran ovarium (tuba falopii), dan siap dibuahi jika bertemu sperma. Sedang folikel yang sudah kehilangan inti sel telur disebut corpus luteum, secara normal akan mengalami degenerasi hilang diserap tubuh. Namun, adakalanya proses keluarnya inti sel telur dari dalam folikel gagal terjadi. Sel telur yang gagal berovulasi tersebut lama-kelamaan bisa berubah menjadi kista. Selain itu, dapat pula terjadi kegagalan penyerapan corpus luteum oleh tubuh. Hal ini pun berpotensi menyebabkan kista.

Keluhan
Kista umumnya tidak disertai keluhan dan gejala. Keluhan baru muncul jika ukurannya sudah membesar, atau letaknya mengganggu organ lain di sekitarnya. ''Jika menekan saluran kemih, usus, saraf atau pembuluh darah besar di sekitar rongga panggul, tumor akan menimbulkan keluhan susah kencing, gangguan pencernaan, seperti tidak bisa buang air besar, kesemutan, atau kaki sering bengkak.'' Papar Widiyastuti, spesialis dari Rumah Sakit Bersalin Astanaanyar Bandung.

Pengobatan dan Pencegahan
Jalan paling efektif mengangkat Kista adalah dengan tindakan operasi. Namun menurut Hardi tidak menjamin kista tidak tumbuh lagi. ''Selama seorang wanita masih memproduksi sel telur, potensi untuk tumbuh kista tetap ada,'' tegas Hardi.

Salah satu produk yang dapat membantu meringankan penderita kista adalah pembalut yang telah dirancang untuk menyerap darah dan gumpalan darah dari dalam rahim ketika menstruasi berlangsung, terbuat dari 100% cotton, daya serap 3x pembalut biasa, anti bocor, dan diperlengkapi 17 macam herbal serta mengandung energi biosfir. Sehingga darah menstruasi bisa keluar lebih banyak dan sekaligus membersihkannya. Info kontak : 081390609990

Disarikan dari : http://situs.kesrepro.info

Tidak ada komentar: